Rabu, 29 April 2020

BAB 2

BAB 2



cara membuat baju barbie dari kain flanel - DATA dan ANALISA
2.1 Sumber Data
    Data dan informasi untuk mendukung proyek tugas akhir ini diperoleh dari berbagai sumber antara lain:
-    Literatur: buku, artikel, media elektronik: internet
-    Wawancara dengan narasumber dari berbagai pihak yang bekerja dalam bidang craft, seperti Fenny owner Knit Knot, Devina Our LittleSecret Clay Artwork, Padni Paper Flavour owner, Rini guru SD Calvin
-    Kuisioner


2.2 Data
2.2.1 Perkembangan anak usia 6-9 tahun  
Perkembangan social dan emosional
        Dalam raising children network Australia, selama usia pertengahan ini, akan terlihat perkembangan yang bertahap dari  anak dalam hal sosialisasinya dan peningkatan kemampuan untuk berelasi dengan yang lain. Seorang anak akan memiliki hasrat untuk dapat diterima oleh sebuah grup yang berpengaruh pada peningkatan kepercayaan dirinya.

Perkembangan pengertian
        Dalam usia seperti ini, anak-anak selalu exited by dan tertarik pada dunia luar. Anak akan memiliki kemampuan menyerap informasi dan seringkali dapat mengingat detail yang berhubungan dengan hal yang disukainya.
Pada usia 9, anak dapat mengembangkan salah satu mata pelajaran di sekolahnya atau  suatu bidang yang menarik mereka. Mereka memiliki skill dasar dalam membaca, menulis dan berhitung serta kapasitas untuk mengekspresikan ide yang kompleks.
Proses pemikiran anak berdasar atas emosi dan penghargaan diri mereka. Bila mereka khawatir atau tidak senang maka mereka tidak dapat konsentrasi atau berpikir yang benar dan tidak dapat menghindari dari ini hingga kekhawatirannya teratasi. Apabila mereka merasa tidak dapat melakukan satu hal mereka akan mencoba hal baru terus menerus.
Dalam usia ini anak-anak dapat:
•    Mengerti tentang uang (sekitar usia 6 tahun)
•    Mengerti bahwa tidak ada santa Klaus (7-8 tahun)
•    Dapat memberitahu waktu (7-8 tahun)
•    Membaca untuk dirinya sendiri
•    Membuat rencana
•    Dapat membedakan kiri dan kanan
•    Suka mengumpulkan sesuatu (games, kartu dan lain-lain)

Perkembangan fisik
    Pada usia ini, banyak anak memikirkan tentang kemampuan fisiknya. Aktivitas seperti memukul bola, mengendarai sepeda dengan cepat atau tanpa tangan. Mereka juga sangat mengharapkan orang tuanya untuk menghargai dan memuji atas apa yang mereka lakukan
Energi mereka semakin meningkat dan anak-anak dapat:
•    Menggambar rumah disertai kebun dan langit
•    Mengendarai sepeda roda dua
•    Memanjat dan berenang
•    Menangkap dan melempar bola

Perkembangan bahasa
    Pada usia 7 tahun anak seharusnya dapat berbica dengan mudah dan jelas. Mereka dapat menjelaskan ide dan sesuatu yang kompleks
Dalam tahap ini, anak-anak dapat:
•    Percaya diri menggunakan telepon (sekitar usia 8 tahun)
•    Tahu kapan menggunakan kata sebagai penentu kejadian seperti       kemarin,besok,minggu depan dan dapat menggunakannya dalam 1 kalimat
•    Suka menceritakan hal yang lucu, bercanda dan
•    Menikmati membaca buku untuk dirinya sendiri

Apa yang dapat dilakukan orang tua
    Anak dalam usia pertengahan ini biasanya berprilaku baik dan ingin selalu diperhatikan. Anak akan memiliki banyak hal yang bersinggungan dengan hidup sosialnya dan emosionalnya di sekolah dengan teman-temannya. Kadang mereka membutuhkan orang tua untuk menyelesaikan masalah. Namun, kadang mereka jarang untuk mengatakannya pada orang tua. Orang tua harus memiliki waktu untuk bercengkrama dan mendengar cerita dan masalah anak mereka
Hal lain yang dapat dilakukan orang tua:
•    Membacakan buku untuk mereka
•    Membuat mereka untuk dapat mengkombinasikan waktu belajar dengan      aktivitas fisik
•    Meluangkan sedikit waktu, melakukan hal yang menyenangkan di sela kesibukan sehari hari
•    Memberi dorongan yang positif setiap hari
•    Tidak membiarkan mereka terlalu khawatir akan masalah orang dewasa seperti membayar tagihan sekolah, tagihan listrik dan hubungan orang dewasa
•    Memberikan banyak waktu bebas untuk bermain agar anak dapat membuat program atau rencana bagi dirinya sendiri jangan biarkan kita mengatur lebih banyak



Aktivitas untuk anak usia 6-9 tahun
    Banyak hal yang menyenangkan dan aktivitas yang dapat dilakukan anak dan orang tua:
•    Menyediakan variasi games dalam komputer, papan dan permainan kata
•    Menyediakan peralatan membangun untuk anak-anak, alat kerajinan tangan, seni dan boneka untuk permainan kreatif
•    Menyediakan pemukul dan bola agar orang tua dan anak dapat bermain bersama
•    Memberikan kesempatan anak untuk membantu di dapur
•    Memberikan kesempatan mereka bergabung dalam grup atau kursus
•    Mendorong anak untuk mengikuti aktivitas yan berbeda jenis kelamin misalnya anak perempuan ikut klub taekwondo, anak lelaki ikut klub masak

Kreativitas
    Dari buku perkembangan anak memberikan istilah “kreatif” pada kondisi-kondisi tertentu dalam diskusi kita tentang bakat. Apa yang dimaksud menjadi kreatif? Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir dalam cara-cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan pemecahan masalah yang unik.
    Kecerdasan dan kreativitas bukan hal yang sama (Sternberg, 2004; Sternberg, Grigorenko, dan Singer, 2004) Sebagian besar orang-orang yang kreatif adalah orang-orang yang cerdas, tetapi sebaliknya orang-orang cerdas belum tentu kreatif. Banyak orang berkercedasan tinggi (yang meraih skor tinggi dalam tes kecerdasan konvensional) tidak kreatif (Sternberg dan O’Hara, 2000). Banyak orang-orang dengan kecerdasan yang tinggi menghasilkan sejumlah produk tapi produk-produk itu bukan sesuatu yang baru.
    Mengapa skor-skor IQ yang tinggi gagal ,memprediksikan kreativitas? Kreativitas memerlukan pemikiran yang divergen (Guilford, 1967). Pemikiran divergen memunculkan jawaban yang banyak pada pertanyaan yang sama. Sebaliknya, tes-tes kecerdasan konvensional memerlukan pemikiran konvergen. Contohnya, sebuah soal dalam tes kecerdasan konvensional adalah, “berapa banyak meter(1 meter = 100 cm) dalam 1 kilometer (1 kilometer = 100000 cm)?” Hanya ada satu jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Sebaliknya, suatu pertanyaan seperti, “Apa gambaran yang muncul dalam pikiran anda ketika anda mendengengar frasa ’duduk sendirian di ruangan yang gelap’?” akan memunculkan banyak kemungkinan jawaban. Jenis pemikiran seperti inilah yang dinamakan pemikiran divergen.
    Individu-individu menunjukan kreativitas dalam bidang-bidang spesifik; beberapa bidang lebih dominan dari yang lain (Runco, 2004). Contohnya, seorang anak menunjukan kreativitas dalam matematika mungkin tidak menunjukan kreativitas serupa dalam bidang seni.
    Dalam buku perkembangan anak halaman 8, Elizabeth B. Hurlock mengatakan anak laki-laki menunjukan kreativitas yang lebih besar dari anak perempuan, terutama setelah berlalunya masa kanak-kanak. Untuk sebagian besar hal ini disebabkan oleh perbedaan perlakuan terhadap anak laki-laki dan perempuan. Anak laki-laki lebih diberi kesempatan untuk mandiri, didesak oleh teman sebayanya untuk lebih mengambil resiko, dan didorong oleh para guru dan orang tua untuk lebih menunjukan inisiatif dan orisinalitas. Torrance mengatakan, “Tidak perlu diragukan bahwa sikap dan perlakuan masyarakat terhadap anak perempuan mempengaruhi perkembangan kreativitas dan perilaku mereka
Craft untuk anak-anak
Membuat kerajinan tangan adalah cara yang baik  untuk menghabiskan waktu anak-anak atau seluruh keluarga. Ini juga merupakan cara yang baik dalam tahap perkembangan anak-anak pada kreativitas yang dimilikinya, keterampilan dalam dirinya seta pembentukan personal karakternya. Membuat kerajinan tangan  melibatkan beberapa jenis pekerjaan namun  sangat menyenangkan dan memberi manfaat pada anak. Membuat kerajinan tangan melibatkan kemampuan dalam mendesain. Ide-ide tentang proyek untuk melakukan suatu kerajinan tangan juga  tak hanya berujung pada kemapuan diri saja,  ada juga berbagai majalah yang dapat membantu anak memilih apa yang anak ingin buat. Kerajinan tangan untuk anak-anak biasa dengan bentuk yang sederhana dan terdiri dari langkah-langkah yang dasar saja.
Proyek-proyek kerajinan tangan memungkinkan anak untuk melepaskan kreativitas mereka dan menciptakan sesuatu yang baru. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan interpersonal dan mengembangkan motorik pada anak. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengajarkan pada anak banyak hal dalam kehidupan seperti belajar bersabar, melihat bentuk-bentuk lain selain geometris dan mencampur-campurkan benda menjadi benda yang berbeda. Beberapa proyek kerajinan dasar yang anak-anak dapat lakukan di sekolah adalah kartu hari raya, frame foto, kertas burung. Saran lain adalah gantungan kunci dari clay, jadwal pelajaran scrapbok. Anda juga dapat membuat kalender pop up.
Ide kerajinan untuk anak-anak adalah cara yang bagus untuk mengajar anak-anak untuk mengembangkan keterampilan mereka, mengidentifikasi objek dan juga meningkatkan kreativitas mereka. Ini membantu anak-anak untuk melepaskan bakat mereka dalam berbagai bidang, seperti kerajinan tangan. Hal ini juga dapat menjadi pengalaman belajar yang besar dan menyenangkan bagi mereka. dan yang terbaik dari semua itu, mereka bersenang-senang.
Kerajinan tangan  adalah cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan motorik. Mereka belajar kontrol otot sehingga mereka bisa menangani pensil dan krayon dengan baik. Otot tangan mereka ditingkatkan sehingga genggaman mereka menjadi mantap dan melatih otot tangan lebih santai. Ini mengembangkan koordinasi tangan dan otak. Salah satu kegiatan yang  populer dan efektif adalah pelacakan satu titik ke yang lain dengan garis-garis lurus dan melengkung yang sama halnya dengan mengikuti step per step pembuatan suatu kreasi pada kerajinan tangan lainnya seperti melipat yang rapi. Hal ini juga mengajarkan anak-anak bagaimana cara menghitung.
Kegiatan lain pada kerajinan tangan yang sederhana yaitu gambar mewarnai telur, menggunting garis putus-putus untuk membentuk pola yang ada, melipat kertas untuk membuat perahu kertas atau pesawat terbang, dan membuat gelembung sabun.
Cara yang baik untuk merayakan ulang tahun anak adalah membuat sesi kerajinan tangan dengan mereka. Kumpulkan anak-anak dengan satu set bahan yang mereka butuhkan. Bersama-sama, mereka dapat membuat topi kertas atau kertas cupcakes ulang. Dalam keluarga juga harus memiliki inisiatif  untuk membuat karya kerajinan tangan sendiri yang dapat melibatkan seluruh anggota rkeluarga seperti membuat  kartu undangan ulang tahun sendiri daripada membeli kartu undangan yang sudah cetak dan hanya diisi dengan pena.
Ide kerajinan tangan adalah salah satu kegiatan yang anak-anak Anda akan nikmati dan dijelajah oleh mereka. Anda harus menyediakan kerajinan tangan  yang tepat agar dapat melayani kemampuan kreativitas anak-anak Anda. Hindari membuat kerajinan yang rumit, mudah atau terlalu sederhana, Buatlah suatu kerajinan tangan yang kadang mudah kadang sulit agar dapat mencegah anak dari  kebosanan dan tidak tertarik lagi dengan kerajinan tangan.
Beraktivitas dengan ragam kegiatan seni dan keterampilan menghias menjadi cara yang menyenangkan bagi anak dalam membangun pemahaman. Hal ini ditandai dengan 2 kegiatan mencoret-coret untuk menunjukkan suatu bentuk tertentu ketika anak di usia awal tiga tahunnya. Tahap ini memberi makna bagi persiapan anak dalam melatih kontrol tangan dan jari-jarinya serta daya konsentrasi. Dalam hal ini guru maupun orangtua perlu memberi banyak kesempatan bagi anak untuk terus mencoba dan berlatih, serta membiasakan diri memberikan penghargaan atas hasil karya mereka melalui kegiatan mendisplay atau berbagai pameran.
Dalam dunia kerajinan tangan sendiri atau yang biasa kita lebih sering menyebutnya craft sangat beragam macamnya mulai dari media yang besar ke kecil, lembut ke kasar, tebal ke tipis serta sifat-sifat dari media itu sendiri namun yang dianjurkan untuk mengembangkan otak kanan seorang anak serta hubungan sensor motoriknya, ada beberapa craft yang diperuntukan untuk mereka
 Kegiatan kreatif Art-Craft dapat berupa:
    •  Menggambar dan mewarnai berbagai bentuk dengan crayon, cat air dan               kuas, maupun pensil warna dan spidol (untuk usia TK dan SD)
    •  Finger-painting atau melukis dan menghias gambar dengan jari-jari
    •  Menggambar di bak pasir dengan jari atau kayu kecil
    •  Bermain dengan cat minyak menemukan berbagai bentuk
    •  Menyablon dan menggambar di atas kaus baju maupun bahan kain
    •  Brushing/penyemprotan dengan sikat gigi dan cat air
    •  Membuat berbagai bentuk dengan plastisin
    •  Kolase atau menempel potongan-potongan kertas, serbuk, serpihan, serabut,        kapas, berbagai tekstur, atau benda-benda kecil pada sebuah gambar
    •  Bermain dengan stiker-stiker kecil
    •  Menggunting dengan berbagai bentuk
    •  Membuat stempel dengan berbagai media dan bentuk yang variasi
    •  Meronce dengan berbagai pola, bentuk dan bahan
    •  Melipat berbagai bentuk dengan beragam kertas
    •  Membuat bermacam bentuk dengan stik es cream, lidi atau batang korek api     •  Membuat alat permainan, hiasan, maupun ragam kreasi lainnya dengan   
        benda-benda yang sudah tak terpakai
2.2.2 Perkembangan media interaktif di Indonesia
    Indonesia pada hari ini telah banyak dipengaruhi oleh dunia interaktif yang biasa dapat kita jumpai pada media-media online. Perkembangannya dalam Ibukota yang paling pesat namun ini hanyalah perkembangan dalam segi pemakaian jika dilihat dari segi perancangan/pembuatan suatu media interaktif, sangatlah minim dikarenakan sumber daya manusia yang kurang terlatih. Masyarakat yang animonya ingin sesuatu yang cepat dan praktis, memungkinkan metode pembelajaran craft melalui media interaktif merupakan sesuatu yang berbeda dan pasti akan menjadi konsumsi masyarakat yang dimana pada zaman ini semua serba teknologi dan tidak mau ketinggalan zaman.
2.3 Hasil Wawancara
2.3.1 Fenny Knit Knot Online Shop, ahli bidang knitting dan chrocet
           Sumber ini pernah membuat buku tentang pengetahuan craft untuk tugas akhirnya dan ia sangat memberi banyak informasi yang bisa penulis gunakan untuk membuat CD interaktif ini. Saat ini ia mengelola sebuah online shop khusus knitting dan chrocet.

1. Menurut anda, apa itu craft?
Craft = segala macam bentuk kerajinan tangan yang melibatkan ide dan kreativitas seseorang untuk membuat suatu kreasi yang baru dari bahan-bahan yang ada

2. Apakah craft itu memberi pengaruh pada anak-anak?

Ya, craft/kerajinan tangan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menstimulasi kreativitas pada anak.

3. Craft yang cocok untuk anak-anak apa?

bisa bermacam-macam mulai dari origami, menghias toples dengan cat menggunakan jari (hand painting), membuat boneka dari telur,dll
disesuaikan dgn usia anak,  karena untuk setiap tahapan usia kebutuhan perkembangan kreativitasnya berbeda-beda

5. Usia berapa anak-anak dianjurkan berkreasi dengan craft?

sebenarnya tidak ada batasan usia untuk memulai mengenalkan anak pada        craft, sejak balita pun anak memiliki kreativitas namun tugas orangtua-lah utk mengembangkannya.

6. Apakah dengan media multimedia interaktif anak-anak akan lebih tertarik        dengan craft?

Ya, karena pada usia anak-anak, media interaktif dapat meningkatkan rasa ingin tahu untuk mencoba
namun sebaiknya tetap harus didukung oleh orang tua (misalnya dengan bersama sama mengajak anak bermain craft lewat multimedia interaktif tersebut)

7. Apa yang dibayangkan anda sebagai seorang yang terampil dalam bidang craft,       content yang bagaimana yang mengedukasi tentang craft yang seharusnya ada dalam sebuah media interaktif?
cara membuat baju barbie muslimah
mungkin dipilah pilah mulai dari pngetahuan tentang alat dan bahannya, lalu     proses pengerjaannya, hingga contoh-contoh aplikasi craft lain yg bisa dikreasikan anak
(misalnya salah 1 project dalam multimedia tersebut adalah membuat kartu ucapan bergambar bunga, prosesnya cukup diberi 1 contoh namun pada hasil akhir diberi juga beberapa contoh pengembangan kartu ucapannya ,misal ada pita kah, atau diberi cat, dll
tujuannya agar anak merasa tertantang untuk mencoba berkreasi selain dari yang tersedia pada multimedia tersebut (anak tersebut akan  mengembangkan idenya)

8. Apakah banyak anak-anak tertarik dengan dunia craft?atau kebanyakan orang   dewasa?

bagi anak-anak sebenarnya mereka cukup tertarik untuk bermain craft, namun untuk kedepannya tetap memerlukan pengawasan dan dukungan orangtua (misalnya dengan berinisiatif mengajak mereka bermain craft bersama)
karena bisa saja sebagian anak sebenarnya tertarik namun akhirnya tidak mencoba bermain craft karena tidak ditemani, tidak mengerti, dll

9. Menurut anda cara yang baik untuk membuat seorang anak tertarik dalam    bidang craft?

lewat dukungan orang tua, itu yang terutama orang tua bisa mencari berbagai      media yang ada seperti buku, mainan edukatif,dll

10. Bagaimana agar anak tidak cepat bosan dalam berlatih dan belajar tentang   craft?

        jawaban sama dengan no 9
karena kreatifitas sebnarnya sudah ada dalam diri setiap anak, namun perlu dukungan dari orangtua dan lingkungan untuk bisa mengembangkannya untuk media yg dipakai bisa disesuaikan dengan minat anak, karena ada anak yang suka mencontoh dari buku, atau multimedia, atau ada juga yang lebih senang diberi contoh langsung atau mengerjakan bersama dengan orang tuanya

2.3.2 Devina, Our LittleSecret Clay Artwork online shop,
         ahli dalam bidang clay
        Saat ini, ia mengelola online shop clay, sudah banyak konsumen yang senang dengan hasil karyanya yang unik.
1. Menurut anda, apa itu craft?
    Craft : suatu bentuk seni untuk mengekspresikan diri seseorang (pendapat,                    perasaan, pandangan, dsb)

2. Apakah craft itu memberi pengaruh pada anak-anak?
    Iya.. Dapat mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan kesabaran anak

4. Craft yang cocok untuk anak-anak apa?
    Clay, Flanel, Papercraft, Mozaik, Menghias telur, dll

5. Usia berapa anak-anak dianjurkan berkreasi dengan craft?
    3 thn ke atas

6. Apakah dengan media multimedia interaktif anak-anak akan lebih tertarik dengan craft?
Bisa mempermudah pengenalan dasar craft ke anak dengan cara yang lebih    mudah dan cepat sebelum mencoba jenis craft tertentu secara langsung  

7. Apa yang dibayangkan anda sebagai seorang yang terampil dalam bidang craft, content yang bagaimana yang mengedukasi tentang craft yang seharusnya ada dalam sebuah media interaktif?
Pengenalan dasar-dasar pembuatan craft, seperti alat-alat yang digunakan; cara-cara pembuatan yang serealistik mungkin, di mana anak-anak dengan menggunakan media interaktif ini dapat seperti merasakan secara langsung; serta hasil akhir yang dibuat anak dapat terlihat (agak ditonjolkan) agar anak merasa bangga akan hasil kerja kerasnya.

8. Apakah banyak anak-anak tertarik dengan dunia craft?atau kebanyakan orang dewasa?
Anak-anak terutama anak perempuan lebih tertarik pada dunia craft, kalau orang dewasa kebanyakan yang sudah lebih menekuninya dan  menambah ilmu, dibanding yang baru mulai belajar (tertarik)

9. Menurut anda cara yang baik untuk membuat seorang anak tertarik dalam bidang craft?
     Diperkenalkan secara langsung, melalui sentuhan langsung dengan craft, salah satu yang membuat lebih menarik adalah tantangan kesulitan dan kotor-kotorannya

10. Bagaimana agar anak tidak cepat bosan dalam berlatih dan belajar tentang craft?
Kalau anak tersebut sudah hobi dan memiliki rasa penasaran yang tinggi biasanya tidak akan cepat bosan
2.3.3 Padni T John, Paper Flavour owner
         Padni mengelola sebuah online shop paper sejak 2 tahun lalu dan ia banyak menghasilkan karya-karya scrapbook yang unik dan menarik, saat ini ia banyak membuka kursus keliling dan peminatnya sangat banyak dan sudah diliput oleh salah satu stasiun TV swasta.

1. Apakah dengan CD interaktif akan banyak anak lebih tertarik dengan          kerajinan tangan?
    Sebenanya dalam bentuk apapun, pengenalan tentang kerajinan tangan     harusnya dibuat menarik, dalam hal CD interaktif harus diupayakan agar setiap      grafis harus menarik perhatian anak-anak

2. Apa yang dibayangkan anda sebagai seorang yang terampil dalam bidang papercraft, kreasi papercraft yang membuat anak tertarik dan mudah dimengerti anak-anak?
    Umumnya anak-anak suka dengan kreasi lipat menggunting menempel kertas, jadi lebih baik memasukkan konten seperti melipat origami yang mudah, membuat kartu ucapan, membuat scrapbook yang simple

3. Bagaimana tingkat kesukaan anak terhadap kerajinan tangan khususnya     papercraft?
    Anak-anak suka dengan berbagai kerajinan tangan apalagi anak-anak yang masih berumur sekitar 6-12 tahun, mereka suka dengan hasil kerja kreasi tangan mereka sendiri, tingkat kesukaan lebih cenderung untuk anak perempuan karena anak perempuan suka dengan hal-hal yang lucu dan manis sedangkan anak laki-laki masih sedikit yang suka dengan hal ini

4. Awal mula scrapbook darimana?
    Scrapbook sebenarnya dari luar namun dalam bahasa Indonesia lebih kearah kliping atau bisa kita katakan kolase atau cut and paste dimana dalam diartikan menyimpan foto/kenangan lewat desain

5. Bahan yang digunakan dalam membuat scrapbook sebaiknya dari kertas     khusus atau boleh kertas lain?
    Dianjurkan menggunakan kertas khusus scrapbook terutama yang bebas asam (acid) yang biasa diimpor karena bahan tidak cepat menguning dan hasil kreasi akan tersimpan dengan baik namun tidak dilarang juga untuk menggunakan kertas lain karena pada prinsipnya ini adalah kerajinan tangan jadi semua hal yang dapat dijadikan kerajinan tangan tidak dilarang hanya pertimbangan jangka waktu bahan saja

2.3.4 Wawancara dengan Ibu Rini, guru seni SD Calvin kelas 1-3
1. Apakah umur 6-10 tahun masih memiliki perilaku yang sama dalam beraktivitas?
     Umumnya dalam kelas biasanya perilaku 6-9 yg masih sama umur sepuluh sudah masuk masa pubertas bagi anak perempuan

2. Apakah anak-anak suka dengan kerajinan tangan atau yang biasa disebut                craft?
iya, semuanya laki-laki atau perempuan suka dengan kerajinan tangan, karena mereka senang dengan berkreasi

3. Craft yang biasa dilakukan di sekolah seperti apa ya?
anak-anak kelas 1-3 biasa kami beri kegiatan papercraft, seperti kartu ucapan, origami dan juga frame foto dari kertas, untuk anak kelas 4-6 biasanya kami beri media clay karena perkembangan motoriknya sudah kuat
- cara membuat sepatu barbie sendiri
4. Bagaimana cara anda membimbing mereka berkreasi dengan craft?
Anak-anak harus dibimbing secara detail dan berurutan step per step karena mereka masih sulit untuk berpikir yang teratur dan kurang bisa fokus

5. Bagaimana agar anak-anak tidak cepat bosan dalam berkreasi dengan craft?
biasanya mereka tertarik,mungkin karena ada teman-teman, tapi saran saya anak-anak harus dituntun dan ditemani juga agar ia mengerti dan terus penasaran akan suatu kreasi tersebut serta setiap kreasi harus dibuat dengan adanya tujuan tidak hanya sebagai mengukur bahwa anak bisa melipat atau tidak tetapi karyanya bisa dijadikan pajangan, akesoris ataupun lainnya yang bermanfaat.

6. Apa pengaruh craft terhadap anak-anak usia 6-9 kedepannya?
perkembangan motorik halus mereka yang biasa berkreasi dengan craft akan lebih cepat berkembang, anak-anak akan menulis dengan rapi, menggambar objek geometris tidak geradakan, daya tangkap pun akan makin terasah

Kesimpulan hasil wawancara sebagai berikut:
•    Pengaruh Craft  yaitu mengembangkan dan menstimulasi imajinasi, kreativitas dan kesabaran anak serta memberi dampak yang baik pada perkembangan motorik halus anak yang mengakibatkan tulisan yang rapi, menggambar lebih jelas
•    Media interaktif seperti CD ini merupakan metode yang berbeda dan menarik sehingga dapat membantu mengenalkan craft pada anak karena disertai dengan gambar ilustrasi dan animasi
•    Semua anak menyukai craft namun cenderung anak perempuan yang lebih ingin menelusuri lebih tentang craft
•    Konten yang seharusnya ada dimulai dari pengenalan alat dan bahan serta dasar-dasar pembuatan seperti teknik-teknik dan proses step per stepnya
•    Peran orang tua sangat penting dalam mengarahkan & menemani anak mereka

2.2.5 Kuisioner pada anak

Dalam kuisioner ini penulis membagikan pada beberapa sekolah, sehingga didapat hasil seperti berikut:
Anak kelas 1SD:  150
Anak kelas 2 SD: 150
Anak kelas 3 SD: 140
Total         440

Presentase minat anak dengan craft:
Anak laki-laki       : 42%
Anak perempuan: 58%
- cara membuat baju barbie india
Penggunaan komputer dalam sehari:
1-3 jam                : 60%
kurang dari 1 jam: 34%
3-5 jam                : 6%
lebih dari 5 jam   : 0%

Senang bermain dengan komputer karena:
Ada gamenya                         : 40%
Dapat menggambar                 : 25%
Bermain dengan CD interaktif: 35%

Les khusus yang biasa diikuti:
Les alat musik        : 45%
Les menari               : 36%
Les menggambar     : 15%
Les kerajinan tangan: 4%

Cara belajar yang disenangi:
Sedikit kata-kata      :  2%
Ada gambar/animasi:  33%
Ada permainan      :  39%
Ada lagu/suara         :  28%

Tokoh kartun yang disenangi:
Barbie, hello kitty, princess, angry bird

Kesimpulan hasil kuesioner yaitu anak perempuan sedikit lebih banyak yang menyukai craft dan ingin lebih mengeksplorasinya, penggunaan komputer hampir setiap hari dengan durasi waktu yang tidak banyak, anak-anak senang dengan adanya permainan pada komputer dan terbukti bahwa craft kurang popular karena sedikit anak yang ingin belajar craft karena merasa cepat bosan dan tidak ada yang mendorong untuk mengeksplorasi tentang craft.

2.4 Kompetitor
    Bila dilihat dari media buku sudah sangat banyak sekali buku tentang craft, namun buku-buku tersebut kurang adanya interaksi dengan penggunanya. Saat ini media interaktif tentang craft masih belum dapat ditemui hanya ada beberapa e-book yang berisikan bahasa asing, hanya dijual secara online saja dan biasanya ditargetkan kepada orang dewasa. Beberapa competitor yang penulis temukan diantaranya:
E-book clay/biscuit  buku import yang disertai dengan CD berisi pdf
 - desain baju barbie
     Gambar 2.4 E-book clay/biscuit

2.5 Analisa TOWS
Threat (ancaman)
-    Anak-anak lebih senang main game dibanding membuat kerajinan tangan.
-    Kurangnya pemahaman akan pentingnya pembelajaran kerajinan tangan sejak dini oleh orang tua.
-    Beberapa guru maupun orang tua masih skeptic dengan metode pembelajaran yang tidak umum dan ada ketakutan bahwa anak akan kecanduan dengan media digital.
-    Penggunaan media digital memiliki salah satu dampak negative yaitu mengurangi interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya.
 - video cara membuat baju barbie
Opportunity (kesempatan)
-    Perkembangan zaman yang banyak beralih ke media computer.
-    Segala hal yang dikemas secara interaktif akan lebih menarik minat anak untuk belajar.
-    Tidak memerlukan biaya besar dibanding pergi ke kursus.
-    Hubungan anak-anak dan orang tua akan semakin dekat.
-    Anak-anak senang dengan hal baru yang berhubungan dengan media computer dan dapat berinteraksi dengan mereka.

Weakness (kelemahan)
-    Banyak anak-anak yang kurang ingin belajar tentang craft.
-    Kurangnya pengenalan metode pembelajaran menggunakan media interaktif seperti CD interaktif oleh orang tua maupun di sekolah-sekolah.
-    Produk harus dipromosikan melalui trial terlebih dahulu baru dapat lebih menampilkan keunggulan produk.

Strength (kekuatan)
-    Produk interaktif ini berkonsep do it yourself dan disertai dengan ikon-ikon menarik.
-    CD interaktif pertama tentang kerajinan tangan yang ditujukan untuk anak-anak.
2.6 Data dan Karakteristik Produk
      2.6.1 Nama Produk
       “Fun Craft For Kids”
        seri mengenal dan bermain dengan kerajinan tangan
- cara membuat baju barbie dari manik
      2.6.2 Judul Seri
 Seri 1: “Fun Craft For Kids” 1,2,3 Paper  (untuk usia 6-9 tahun)
 Seri 2: “Fun Craft For Kids” 1,2,3 Clay   (untuk usia 9 tahun keatas)
 Seri 3: “Fun Craft For Kids” 1,2,3 Flanel (untuk usia 9 tahun keatas)


 2.6.3 Data Isi CD Interaktif seri 1 “Fun Craft For Kids 1,2,3 paper”
      - Alat-alat dan bahan
                  Pengenalan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kreasi yang terdapat     di dalam CD
-      Step per step kreasi kerajinan tangan kertas
-    Kreasi
    Kartu Ucapan kartu ucapan bentuk cupcake
    Gelang pita     motif bunga kertas ditempel pada pita
    Origami          lukisan origami ikan
    Frame foto      aku dan Livi
-    Puzzle kreasi
    Berisi permainan puzzle kreasi yang telah dibuat

2.7 Target Sasaran
Target Audience
- cara membuat baju barbie dari uang kertas
Demografi:
-    Jenis kelamin: perempuan
-    Usia: 6-9 tahun
-    Profesi: pelajar
-    SES: B-A
-    Pendidikan: SD
-    Agama: semua agama
Geografi:
bertempat tinggal dan beraktivitas di Jakarta

Psikografi:
Behaviour: belajar, main boneka, kumpul bersama teman-teman, membantu ibu di rumah
Karakter: polos, ceria, mudah terpengaruh, manja, cengeng, terbuka dengan hal-hal baru, memiliki semangat untuk menambah wawasan.
Interest:
-    Menyukai kerajinan tangan
-    Suka membuat sesuatu dengan bahan sisa
-    Suka berinteraksi dengan komputer
-    Tertarik dengan wawasan baru
-    Mengoleksi benda-benda unik
- cara membuat baju barbie tanpa dijahit
Target market
Demografi:
-    Jenis kelamin: pria dan perempuan
-    Usia: 9 tahun keatas
-    Profesi: pelajar, mahasiswa, wiraswasta, karyawan, orang tua
-    SES: A,B

Geografi:
bertempat tinggal dan beraktivitas di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Semarang, Palembang, Samarinda)
Interest:
-    Menyukai kerajinan tangan
-    Suka membuat sesuatu dengan bahan sisa
-    Suka berinteraksi dengan komputer
-    Tertarik dengan wawasan baru
-    Suka dilatih
-    Mengisi waktu luang dengan sesuatu yang berguna

2.8 Data Penyelenggara


PT Elex Media Komputindo, kelompok Kompas Gramedia (KKG) adalah perusahaan penerbit multimedia, dan sarana pendidikan yang berkantor pusat di Jakarta. Berdiri sejak 15 Januari 1985. KKG merupakan salah satu pemain besar dalam industry penerbitan dan percetakan di Indonesia.
Arus Informasi melalui internet menambah maraknya perkembangan teknologi multimedia maka masih pada tahun 1990 dibentuklah Divisi Software dan Multimedia yang kemudian sekarang dikenal dengan nama Elex Digital.


 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat baju barbie dari kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara membuat dan memasang ban pinggang berkaret 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2DOC/2011-2-01353-DS%20Bab2001.doc